Menjaga Kelembaban Rambut

Rambut kering memang butuhkan perhatian ekstra, tapi bukan berarti nggak bisa jadi lembut dan indah lho!

Rambut kering dan kasar sering jadi masalah, soalnya jadi gampang kusut dan akhirnya ujung- ujung rambut pun mudah rontok. Tapi tenang… aku dapat beberapa tips dari berbagai sumber yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut keringmu:

  • Bilas rambut pakai air dingin. Memang sih, membilas rambut pakai air hangat itu nyaman, tapi sebaiknya kebiasaan itu dihentikan. Air hangat tidak dapat menjaga kelembaban pada rambut, sebaliknya air dingin dapat menjaga kelembaban rambut yang dibutuhkan.
  • Gerai rambutmu ketika tidur. Biarkan rambut beristirahat dan bernafas setelah seharian beraktivitas. Bila kamu mengikat rambut terlalu kuat, maka helaian rambut bisa tertarik dan akhirnya rontok.
  • Sesekali isirahatkan rambutmu dari alat-alat penata rambut, seperti alat pengeriting, blow dryer, catokan, dan lainnya. Penggunaan yang terlalu sering dapat membuat rambut jadi makin kering.
  • Jangan keramas setiap hari. Mereka yang rambutnya cenderung berminyak mungkin disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Tapi bila rambutmu kering, sebaiknya jangan lakukan hal ini. Mencuci rambut setiap hari akan menguras minyak alami yang ada dalam rambut dan akibatnya, rambut jadi kusam, kering, dan kusut. Keramas setiap dua hari sekali sudah cukup.
  • Jangan menyisir rambut yang basah. Dalam keadaan basah, rambut yang kering akan sedikit rapuh. Menyisir atau menyikat rambut ketika masih lembab dan basah bisa menyebabkan rambut patah. Dan akan lebih baik lagi bila rambut dibiarkan mengering alami.
  • Merawat rambut yang dicat. Rambut yang dicat cenderung menjadi kering akibat bahan-bahan kimia. Untuk itu, selalu gunakan kondisioner setiap kali keramas agar rambut lembab. Kamu juga harus rutin merawat rambut dengan melakukan creambath, masker rambut, atau hair spa.

Nggak musti ke salon untuk merawat rambut. Kamu juga bisa kok bikin masker rambut sendiri di rumah.

Bahan:
•    2 (dua) sendok makan minyak
•    2 (dua) sendok makan perasan jeruk lemon
•    1 (satu) sendok makan madu

Cara Membuat:
1.    Campurkan ke semua bahan di atas hingga merata.
2.    Usapkan masker rambut tersebut dari akar hingga ujung rambut secara merata.
3.    Diamkan selama 1 – 1 ½ jam hingga meresap ke dalam rambut. Lalu setelah itu bersihkan rambut dengan menggunakan shampo.
4.    Lakukan secara rutin dua kali seminggu, dan dapatkan rambut yang lebih sehat dan bersinar.

Selamat mencoba!

About Zizy Damanik

www.tehsusu.com

7 responses to “Menjaga Kelembaban Rambut

  1. Bahan2nya mudah yaa, saya pngen coba, karena rambut saya kering, jadinya susah diatur

  2. ~Ra

    Mudah-mudahan Chris pas nyoba nggak dirubung semut ya…
    😀

    Eniwei, makasih ya buat tipsnya. Biasanya sih aku cuma pakai irisan lidah buaya.🙂

  3. Ina

    waduh, aku mah mandi selalu pake air hangat. malah wajib tuh klo acara keramas. suka nggigil sih.

  4. Aku termasuk care ama kesehatan rambut mbak…
    Secara rambutku panjang mulu…meski pun warnanya g hitam legam gt.
    Dulu sewaktu sekolah sih rajin beginian begitu bs cari duit sendiri larunya ke salon, hahaha

  5. Wuooo,blog lain ya Kak Zizy. Bagus isinya…

  6. nah aku tuh masalahku rambut kering, tapi scalp lembab..jadi cepet banget lepeknya…

  7. tips yang menarik nih mbak.. boleh juga di coba, kebetulan rambut saya ikal, kalo kering .,. kruwel kruwel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

%d bloggers like this: